penyakit kolestrol dan penangananya



 google.com ,wikipedia.org ,arhoya.blogspot.com ,facebook.comhttps://www.facebook.com/sepnxspenza.thea

email
kolestrol adalah penyakit yang saat ini sedang dikeluh kesahkan oleh masyarakat sekitar . saat ini penyakit kolestrol hampir di derita oleh sebagian masyarakat indonesia. seiring dengan perkembangan jaman dan semakin banyaknya makanan yang mengandung banayak lemak membuat masyarakat sering terkena penyakit kolestrol. Kolesterol selama ini dianggap negatif. Banyak orang menghindari makanan berkolesterol, dapat menyebabkan penyakit jantung, katanya. Kolesterol bergerak melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein terbuat dari lemak di bagian dalamnya dan protein di bagian luarnya. Nah, terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda, yaitu:
    Low density lipoprotein (LDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Penumpukan HDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.
    High density lipoprotein (HDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. HDL membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati. Kemudian oleh hati, zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah Anda dari penyakit kronis.
Dalam dunia kesehatan, kolesterol dibagi menjadi dua jenis yakni, kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).
Kolestrol HDL
Kolestrol HDL (High Density Lipoprotein ) disebut lemak yang baik karena bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. Kolestrol HDL yang ideal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, atau di atas 50 mg/dl untuk perempuan.
Penyebab kolestrol HDL yang rendah adalah kurang gerak badan, terlalu gemuk, serta kebiasaan merokok. Selain itu hormon testosteron pada laki-laki, steroid anabolik, dan progesteron bisa menurunkan kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan menaikkan HDL.
Mungkin anda juga tertarik membaca : 4 Pola Makan Penting Untuk Penderita Penyakit Jantung
Kolestrol LDL

Kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein) adalah lemak yang jahat karena bisa menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, yang dinamakan arteriosklerosis, dan akhirnya menumbat aliran darah.
Kolestrol LDL yang optimal adalah bila kadarnya dalam darah di bawah 100 mg/dl. Kolestrol LDL 100-129 mg/dl dimasukkan kategori perbatasan (borderline). Jika di atas 130 dan disertai afktor risiko lain seperti merokok, gemuk, diabetes, tidak berolah raga, apalagi jika sudah mencapai 160 atau lebih, maka segera perlu diberi obat.
Kolestrol tinggi umumnya diderita oleh orang gemuk, namun tidak menutup kemungkinan orang yang kurus juga bisa mengalaminya, apalagi dengan mengonsumsi makanan yang rendah serat namun lemaknya tinggi. Selain faktor makanan, kolesterol yang tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.
Oleh sebab itu, semua orang baik kurus apalagi gemuk, belum pernah menderita kolestrol apalagi yang sudah pernah mengalaminya, perlu menjaga makanan dengan mengurangi kadar kolestrol. Caranya antara lain dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat.
 Mengingat risiko dari kolestrol maka perlu dilakukan pemeriksaaan kadar kolesterol dalam darah secara berkala. Pemeriksaan tersebut dianjurkan, terutama bagi seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat kolesterol tinggi atau penyakit jantung dan pembuluh darah, serta bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih.Hasil gambar untuk pola hidup sehat
Cara Menurunkan Kolesterol
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kolestrol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi ketika kadarnya sudah melebihi normal, ditambah lagi dengan pola hidup yang tidak sehat, maka akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh.
Berikut ini adalah 5 cara menurunkan kolesterol yang dapat Anda terapkan, agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.
    Konsumsi Makanan Berserat
Menurut para ahli kesehatan, memenuhi kebutuhan serat pangan tiap harinya bisa menurutkan kadar LDL sebanyak 5 %.
Meski sumber serat tersedia banyak, orang-orang tampaknya tidak dapat mendapatkan cukup serat karena jam kerja yang begitu padat. Para ahli memberi saran pada semua orang, khususnya yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mendapatkan 25 sampai 35 gram serat pangan per harinya, namun kebanyakan orang dewasa hanya mendapat sekitar 12 gram.
Anda bisa mendapatkan serat dari makanan, entah buah-buahan, kacang-kacangan, atau sayur-sayuran seperti pepaya, oatmeal rasberi, jagung, alpukat, edamame, beras merah, brokoli, buah pir, buah apel, tomat, mangga, kacang almond, kacang hitam, dan kacang putih.
Makan Buah Berserat Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol
    Konsumsi Multivitamin
Sekalipun telah mengonsumsi makanan yang sehat, tetap saja ada kemungkinan tubuh Anda kekurangan unsur nutrisi tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut Anda perlu mengonsumsi multivitamin atau obat herbal jantung untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.
    Konsumsi Makanan Laut
Kurangi konsumi daging, dan perbanyak asupan makanan yang berasal dari laut seperti salmon, tuna, sarden, dan trout. Mereka adalah kawanan ikan yang kaya akan lemak esensial omega-3 (sehat) dan rendah lemak jenuh. Asam lemak omega-3 dibutuhkan tubuh untuk membantu menguras trigliserida, kolesterol secara total, dan LDL kolesterol.
Perlu diingat, agar manfaat yang terdapat di setiap ikan tidak hilang ataupun berkurang, alangkah baiknya Anda mengolah atau membuatnya menjadi matang dengan cara diuap atau dibakar atau dipanggang. Jangan digoreng dengan minyak karena jika sudah masuk ke tubuh, lemak yang dikandungnya sudah berubah jadi jahat.
    Aktifitas Fisik Secara Rutin
Salah satu cara menurunkan kolesterol yang mudah dilakukan adalah dengan berolah raga secara rutin. Jalan kaki atau jenis-jenis olah raga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan bahwa Anda berolah raga selama 30 menit dalam sehari dan lima hari dalam seminggu.
Yoga - Salah Satu Cara Menurunkan Kolesterol
    Istirahat yang Cukup
Cara menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan memperhatikan jam istirahat (tidur). Penelitian dari University of Helsinki, gen yang berperan dalam perpindahan kolesterol bergerak tak aktif pada orang yang kurang tidur, dibanding yang cukup tidur.
Studi ini meneliti dampak kurang tidur secara akumulatif pada metabolisme kolesterol baik dari ekspresi gen dan tingkat lipoprotein darahnya. Orang yang kurang tidur memiliki jumlah kolesterol baik (HDL) yang lebih sedikit dibanding yang cukup tidur.
ada banyak cara pencegahan untuk tidak terkena penyakit kolestrol yaitu :
1.Kurangi bahkan hindari makanan berkolesterol tinggi seperti dari seafood (cumi-cumi, kerang, udang dll), jerohan kambing/sapi/ayam, sosis, kuning telur ayam.
 2. perbanyak makan buah dan sayuran,seperti :
-Oatmeal
Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
-Jus jeruk
Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk alami berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Sebabnya, jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid di dalamnya.
-Kacang almond
Kacang almond dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian mencatat bahwa konsumsi kacang almond setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat 3% hingga 19%.
-Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang disebut dengan EPA dan DHA yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.
-Teh hijau
Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.
-Kacang kedelai
Mereka yang menderita kolesterol tinggi disarankan untuk makan kedelai. Sebab kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang membantu untuk menurunkan kolesterol jahat.
-Avokad
Avokad merupakan buah yang jadi sumber lemak tak jenuh. Avokad juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral lainnya yang semua bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.
-Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Menambahkan minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kolesterol.
-Cokelat hitam
Ngemil cokelat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. Sebabnya cokelat ini mengandung theobromine yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.
-Bawang putih
Bawang putih adalah rempah-rempah yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat
3.rajin berolah raga
4. Mengkonsumsi minyak ikan yang tinggi asam lemak omega 3 yang bisa mengurangi kadar kolesterol darah pada beberapa kasus.
oke, guys mungkin itu ajah sekilas tentang artikel ini semoga bermanfaat dan tidak ada kata terlambat untuk melakukan pencegahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Timnas indonesia u-16 juara piala AFF 2018

Cara membuat es good day seger

Metalurgi dan prospek kerjanya di berbagai bidang

Tips menghilangkan lelah

tips lolos snmptn

penyakit kolestrol semakin menjangkit masyarakat

cara belajar matematika semua materi dengan mudah

3 fakta menuju sukses

Lagu lagu dalam membaca al qur'an